Sabtu, 06 April 2013

Mengajak Pada Kebaikan


 “Mengajak pada kebaikan itu harus dengan baik”. Itu kalimat yang lima menit lalu terbersit dikepala saya. Hanya di kepala, tak sempat terucap atau ter-update sebagai tweet pagi atau status facebook. Saya bukan orang baik, atau orang yang selalu mengajak pada kebaikan karena bahkan saya tidak tahu apakah segala sesuatu yang saya lakukan merupakan sebuah kebaikan atau bahkan keburukan. Sekali lagi, kalimat itu hanya benar-benar terbersit di kepala saya.
Sepuluh menit kemudian, saya berpikir keras apa yang harus saya lakukan dengan kalimat itu? Apakah membiarkannya hanya datang dan terbuang begitu saja atau harus saya tulis besar-besar dan di pajang di tembok kamar? Ah! Rasanya itu semua terlalu berlebihan. Saya hanya ingin kalimat itu tidak sia-sia di kepala saya. Paling tidak, sebaris kalimat itu tidak hanya sekedar terbersit atau tertulis di ingatan, tetapi alangkah baiknya jika kalimat itu bermakna.
Dua puluh menit kemudian saya masih berpikir tentang makna kalimat tersebut, hingga akhirnya di menit ke dua-puluh lima saya mencoba memaknai-nya dengan pemahaman saya yang sederhana. Bahwa sesunguhnya ketika kita merasa ada sesuatu yang baik yang ingin kita bagi dengan orang lain, kita harus menyampaikan-nya dengan cara yang baik pula. Bukan dengan memaksa, memerintah tak sopan apalagi menyalahkan. Contoh kecil adalah ketika kita ingin mengajak teman untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya, janganlah kita menegur dengan memarahi dia ketika kita menjumpainya masih buang sampah sembarangan lalu menyuruhnya mebuang sampah di tong sampah. Bukan dia akan menyadari bahwa dia salah dengan membuang sampah sembarangan, yang ada malah dia sepanjang hari boleh jadi akan menggerutu tentang teguran kita dan akhirnya malah membenci kita yang punya niat baik tetapi menggunakan cara yang salah. Sesederhana itulah pemahan yang saya dapat dari bermenit-menit mencoba berpikir keras memaknai sebaris kalimat yang muncul di pikiran sembari saya mengepel lantai tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar